Jika diberi pilihan, mau ambil mobil atau rumah dulu ya?

Ketika Anda memiliki pilihan yang terlihat mudah namun tidak ada tolak ukur perbandingannya, waspadalah, jangan sampai termakan bujuk rayuan lingkungan sekitar yang membuat Anda merasa harus bertindak tanpa pikir panjang, terutama dalam urusan memilih kebutuhan penunjang hidup mana yang ingin Anda beli terlebih dahulu. 

Jika secara personal Anda memiliki pandangan bahwa tidak memiliki mobil merupakan suatu kekurangan, dan tidak memiliki rumah merupakan suatu kesalahan, terutama memiliki rumah yang sudah bersertifikat hak milik penuh atas tanah dan bangunan, Anda bisa pertimbangkan beberapa hal untuk membuat pilihan terbaik hingga pada akhirnya Anda akan memiliki kedua-nya.

Rumah & tanah memiliki harga yang tetap, semua orang sudah tahu dan mengakui bahwa tanah pasti akan terus naik seiring waktu berjalan. Ketika Anda sedang mengendarai mobil baru yang keluar dari halaman mobil, pada dasarnya harga mobil sudah menjadi separuh dari harga awal Anda membeli. Terlebih lagi, sebuah mobil memiliki biaya perawatan berkelanjutan yang perlu Anda perhitungkan

Untuk yang masih berstatus lulusan baru (fresh graduate), tidak masuk akal jika mengambil pinjaman untuk membeli mobil baru, maka untuk transportasi ke tempat kerja atau untuk kegiatan usaha, carilah mobil bekas yang murah namun dengan kondisi yang baik, bahkan mungkin anda hanya perlu motor untuk saat ini, selama itu dapat membantu Anda menuju ke suatu tempat atau dapat membantu Anda melakukan kegiatan usaha Anda dengan lancar.

Belajar untuk menabung dengan baik dan efektif, simpan sebagian dan kurangi/tahan pengeluaran yang tidak perlu, belajar dari pakar dan para ahli, mereka bisa membantu Anda memotivasi diri untuk menabung dengan bijak, jika Anda berhasil melakukan hal ini dengan komitmen yang kuat, Anda akan merasakan hasil kerja keras Anda benar-benar membuahkan hasil, bahkan untuk memiliki Rumah sekaligus Mobil pada akhirnya bukan suatu hal yang mustahil